PELAKSANAAN KEGIATAN SAFARI GERAKAN NASIONAL GEMAR MEMBACA

PELAKSANAAN KEGIATAN SAFARI GERAKAN NASIONAL GEMAR MEMBACA

 

Dalam upaya meningkatkan Minat Gemar Membaca Masyarakat, Perpustakaan Nasional pada tahun 2019 melaksanakan kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Propinsi dan Kabupaten Kota seluruh Indonesia. Di Propinsi Jawa Timur kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Sampang pada tanggal 23 April 2019, dengan tema Pustakawan Berkarya mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang dan meriahkan dengan penampilan tari tradisional oleh siswa SDIT Nurul Hidayah Sampang. Dilanjutkan dengan talkshow yang menampilkan 5 (lima) narasumber yaitu dari Perpustakaan Nasional RI, DPR RI Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sampang  dan aktiviss penggiat literasi daerah.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang dan meriahkan dengan penampilan tari tradisional oleh siswa SDIT Nurul Hidayah Sampang. Dilanjutkan dengan talkshow yang menampilkan 5 (lima) narasumber yaitu dari Perpustakaan Nasional RI Bapak Drs. Widiyanto, M.Si (Kapusdiklat Perpusnas RI), dari Ledislatif dihadiri oleh Nyai Zairina, S.IP, MM (anggota Komisi 10), narasumber dari Dinas Perpustakaan dan kearsipan Propinsi Jawa Timur diwakili oleh Ibu Dra. Titi Asriningwijati, MM (Kabid Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan), Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sampang Bapak  Sudarmanta, S.Sos, MH dan narasuumber penggiat literasi daerah Bapak Salamet Wahedi.

Acara Talkshow Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca ini dipandu oleh moderator Umar Fauzi Ballak, SS dari Komunitas Stinggil Sampang, dengan tema “Pustakawan Berkarya Untuk Ikut Berperan Serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Selain diramaikan dengan tanya jawab antara narasumber dan undangan, juga diisi dengan pembacaan puisi oleh salah seorang anggota komunitas penggiat literasi di Kabupaten Sampang dan penyerahan Akrilik dari perpustakaan Nasional kepada Pemerintah Kabupaten Sampang.

Kegiatan Safari Gerakan Nasional  dihadiri oleh 200 undangan dari berbagai unsur yaitu masyarakat umum, Kepala sekolah, Guru dan siswa SMP/SMA/SMK, penggiat perpustakaan TBM, pemerhati perpustakaan dan budaya baca, pengelola berbagaijenis perpustakaan , Mahasiswa, PKK, Dharma Wanita, Karang Taruna, Perwakilan Media Cetak dan Elektronik, Tokoh Agama, Tokoh Adat  Tokoh Pemuda dan SKPD terkait(N/K)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *