sejarah

SEJARAH DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

        Dahulu Perpustakaan lahir karena adanya kebutuhan masyarakat Sampang untuk membaca buku-buku agar menambah  wawasan dan ilmu pengetahuan. Sedangkan Arsip Daerah Kabupaten Sampang  lahir dari kebutuhan Pemerintah Daerah untuk menyimpan , memelihara dan mengelola arsip-arsip yang diciptakan dalam pelaksanaan manajemen dan admanistrasi roda Pemerintahan Kabupaten Sampang. Untuk merespon kedua kebutuhan tersebut maka berdasarkan kebijakan Bupati Sampang pada saat itu dibentuklah lembaga yang bernama Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sampang.  Walaupun Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sampang dipimpin oleh seorang Kepala kantor, namun Perpustakaan dan Arsip Daerah mempunyai kantor masing-masing. Perpustakaan Daerah Kabupaten Sampang berkantor  di jalan KH.Wahid Hasyim ( Sekarang  sudah jadi Kantor Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sampang ) persis berada di depan Pasar Srimangun Sampang.

               Koleksi buku dan petugasnya pada saat itu tentu sangat terbatas sekali. Sedangkan kantor Arsip Daerah Kabupaten Sampang berada di salah satu ruangan gedung Pemerintah Kabupaten Sampang di jalan Jamaluddin no.1A Sampang. Arsip-arsip yang ada pada saat itu belum dikelola sesuai dengan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.

            Namun dengan demikian sudah ada upaya dari Pemerintah Daerah untuk memenuhi dan merespon kebutuhan  masyarakat. Secara  bertahap  kebutuhan masyarakat dan pemerintah daerah tentang adanya lembaga Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sampang sudah terwujud walapun sarana dan prasarananya pada saat itu belum memadai. Setiap tahun perlu adanya dievaluasi dan pembenahan,sehingga pada akhirnya keberadaan lembaga Perpustakaan  dan  Arsip  Daerah  dapat  memenuhi   harapan masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Sampang

            Diharapkan pada akhirnya keberadaan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sampang akan mengalami perkembangan   secara  bertahap sesuai dengan keinginan masyarakat dan pemerintah daerah. Karena keberada an Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah  sungguh banyak membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Sampang jika benar – benar memenuhi standar dan menjalankan fungsinya dengan baik.

            Selanjutnya berdasarkan kebijakan Bupati Sampang Perpustakaan  dan  Arsip  Daerah berkantor terpisah. Arsip Daerah di tempatkan di salah satu ruangan Pemerintah Kabupten Sampang dan di bawah Pengawasan langsung Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang. Setiap arsip milik Pemerintah Daerah Kabupaten  Sampang dikumpulkan dan disimpan  di  salah  satu  ruangan   kantor Pemerintah Kabupaten .Sampang  ( Jl.Jamaluddin no.1 A sekarang )  Arsip-arsip tersebut belum dikelola dan ditata dengan baik sesuai dengan Perundang-undangan dan Peraturan Kearsipan yang berlaku. Dengan semakin menumpuknya arsip di ruangan Pemkab. Sampang maka, pada tahun 2002 Arsip Daerah dipindahkan ke Jl. Kh.Wahid Hasyim  (Sekarang lokasi kantor Dinas Perijinan ) disatukan dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sampang.

          Sedangkan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sampang berada di jalan KH.Wahid Hasyim  Sampang ( sekarang  lokasi kantor Dinas Perijinan) Koleksi bukunya pada saat itu amat terbatas sekali, buku-buku tidak di tata pada rak-rak buku melainkan ditumpuk pada meja /etalase sehingga administrasi Pengelolaan Pelayanan Perpustakaan sangat sederhana sekali. Dengan bersatunya Perpustakaan dan Arsip Daerah, maka kantor tersebut diberi nama Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sampang.

            Akhirnya Pada Tahun 2008 kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sampang sudah berpindah dari jalan KH.Wahid Hasyim di depan pasar ke lokasi gedung kantor yang baru yang di bangun di atas tanah bekas tanah Rumah Sakit Umum Sampang ( dibelakang Bank Pembangunan Daerah Sampang )

            Di kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah yang baru bapak Ahmad Bahrowi,S.Pd.M.Pd  menata kembali ruangan-ruangan yang akan dipergunakan untuk kegiatan operasional kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah . Beliau menjadi Kepala kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah mulai tahun 2005 s.d 2009. Pada masa kepemimpinan beliau belum banyak yang bisa dilakukan dalam inovasi program-progran kegiatan , karena masih fokus pada pengadaan sarana dan prasarana kantor yang baru.