SOSIALISASI UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2018 TENTANG SERAH SIMPAN KARYA CETAK DAN KARYA REKAM

SOSIALISASI UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2018

TENTANG SERAH SIMPAN KARYA CETAK DAN KARYA REKAM

              Pada hari Rabu, tanggal 13 Februari 2019, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sampang, menerima tamu dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur.  Tim yang terdiri dari pustakawan dan pengelola Bahan Pustaka ini ditemui oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Kasi layanan Perpustakaan, Kasi Otomasi Perpustakaan, Pustakawan dan Arsiparis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sampang.

              Tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur ini melakukan sosialisasi sekaligus menyerahkan salinan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sampang. Undang undang ini merupakan pengganti dari Undang-undang nomor 4 Tahun 1990 tentang Serah  Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam yang dinilai belum efektif dalam menghimpun karya cetak dan karya rekam serta belum mengakomodasi dinamika masyarakat dan perkembangan teknologi informasi sehingga perlu diganti.

              Selain itu mereka juga meminta informasi tentang keberadaan bahan perpustakaan dan buku kuno yang ada di Kabupaten Sampang agar dapat ditelusuri dan dialih mediakan sehingga informasi yang terkandung didalamnya dapat dijaga kelestariannya. Arsiparis Dinas Kearsipan dan Kabupaten Sampang menyampaikan beberapa kendala dalam menelusuri keberadaan naskah kuno ini, diantaranya adalah masyarakat yang memiliki naskah kuno tersebut meminta sejumlah kompensasi kepada Tim Penelusur dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sampang, sehingga tim tidak berhasil memperoleh salinan naskah kuno tersebut karena tidak tersedianya anggaran untuk kompensasi kepada masyarakat pemilik naskah kuno. Kendala lainnya adalah kesadaran masyarakat Sampang untuk menjaga kelestarian naskah kuno masih sangat rendah. (NK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *